• Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

    Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

  • Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Aula Gedung Kanwil DJPB Prov. Kepri, 24 Januari 2024

  • Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Aula Wan Seri Beni. Selasa, 02 Januari 2023

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

  • Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

    Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

  • Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Bapelkes Batam, 11 - 17 September 2023

  • Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Tanjungpinang, 11 - 13 September 2023

  • Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri

    Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri saat berkunjung ke SMAN 1 Tanjungpinang.

  • Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan

    Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan.

    Bintan Pearl Beach Resort, Selasa, 25 Juli 2023.

  • Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Terminal Sei.Carang, Tanjungpinang

  • Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Tanjungpinang, 20-22 Juli 2023

  • Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau  Batam, 03-07 Juli Tahun 2023

    Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

    Batam, 03-07 Juli 2023

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

  • Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

    Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

  • Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

    Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

78 Dokter Internsip Angkatan II tahun 2022, Selesai Penugasan di Kepulauan Riau

 WhatsApp Image 2023 05 05 at 11.17.15

 

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan melaksanakan kegiatan evaluasi peserta Program Dokter Internsip Indonesia (PIDI) angkatan II tahun 2022, secara daring, di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (5/5/2023).

 

Elfrida Tambun, SKM., MPH. Kepala Seksi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, dalam sambutannya mengatakan, Dengan berakhirnya masa penugasan peserta dokter PIDI, diharapkan peserta bisa mencapai target kinerja yg telah ditetapkan, peserta juga mendapat pembekalan dan pengalaman yang berharga, hendaknya juga menambah kemandirian dokter dalam pengabdian pelayanan kesehatan ditengah masyarakat secara langsung. Selanjutnya peserta bisa melakukan pengurusan STR dan surat selesai internsip di KIKI Pusat.

79 dokter muda bertugas di Provinsi Kepulauan Riau dan menyebar di berbagai wahana penugasan di Rumah Sakit dan Puskesmas, di Kabupaten Natuna dan Karimun, serta Kota Tanjungpinang dan Batam. 78 Dokter Internsip sudah selesai penugasan, dan masih ada 1 dokter belum selesai.

"Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan Alhamdulillah dan terimakasih atas dukungan layanan kesehatan dalam program PIDI, pada Dirjend Nakes Kemenkes RI, dokter PIDI, dokter pendamping, Direktur RS, Kepala PKM, KIKI Pusat atau Provinsi dan Tenaga Kesehatan lainnya di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota", Kata Elfrida Tambun dalam sambutannya.

Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diwakili dr. Dewi indrasari dalam sambutannya mengatakan, PIDI adalah program nasional yang wajib diikuti dokter, mereka ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia, sesuai dengan pengajuan kebutuhan Tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Tujuan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2017 yaitu pemahiran dan pemandirian profesi dokter. Kegiatan ini bertujuan agar dokter peserta internsip dapat memahami kebijakan di Kabupaten/Kota Provinsi Kepulauan Riau, seluk beluk kegiatan internsip, mengenal adat istiadat dan budaya daerah setempat, dimana peserta PIDI ditempatkan dengan permasalahan kesehatannya. Pembekalan wajib diikuti oleh dokter internsip agar kegiatan keprofesionalan terlaksana di wahana.

Peserta PIDI juga diberikan kesempatan menyampaikan kesan selama menjalani program PIDI, diwakili dr. Muhammad ridho Kesan. Selama 1 tahun bertugas, peserta dapat menyelesaikan tugas dg baik dan mengikuti SOP diwahana tempat penugasan. Dari segi kasus yang ditemui, mulai dari kasus sederhana sampai kasus yang membutuhkan dokter spesialis, dan tentunya peserta selalu berkomunikasi dengan dokter pendamping. Kondisi geografis wilayah Kepulauan Riau menjadi tantangan tersendiri bagi dokter yg bertugas di setiap wahana. Suasana kerjaan, dokter PIDI sangat di hargai oleh masyarakat setempat. Sebagai pesan dari peserta, Tenaga kesehatan harus ditambah, didaerah pulau-pulau terpencil di Kepulauan Riau, terutama dokter spesialis dan dokter Gigi.

Kegiatan Evaluasi Program PIDI disejalankan dengan Laporan pelaksanaan PIDI, mulai dari orientasi, penjadwalan, dukungan sosial yang diberikan wahana, monev, kinerja peserta dan pendamping dan permasalahan serta tindak lanjut, Oleh KIKI Provinsi dr. Anthony Simatupang dan KIKI Pusat, Dr.dr. Chaerul Radjab Nasution, Sp.PD-KGEH, FINASIM, M.Kes. dan dr. V Dwi Jani Juliawati, M.Pd. Dalam kegiatan Evaluasi peserta PIDI angkatan II tahun 2022, disejalankan dengan penyerahan peserta PIDI dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau kepada Dirjen Nakes Kemenkes RI. * (JS - SDK)

Link Terkait

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech