• Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan II Periode Mei Tahun 2021

WhatsApp Image 2021 05 05 at 12.49.30

Gambar : Pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan II Periode Mei Tahun 2021

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan adalah melalui peningkatkan mutu SDM kesehatan yang salah satu diantaranya adalah dokter. Sejalan dengan perkembangan dinamika masyarakat, pola pendidikan kedokteran juga mengalami perubahan. Jika pada beberapa dekade yang lampau, dalam sistem pendidikan kedokteran, mahasiswa co-ass sudah diperkenankan berhadapan dan memberikan pelayanan kedokteran kepada masyarakat, namun saat ini telah berbeda. Yang dapat memberikan pelayanan kedokteran adalah mereka yang telah memiliki surat izin praktek, dimana surat izin praktek ini diperoleh apabila sudah memiliki surat tanda registrasi.Program internsip ini menjadi suatu masa bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi, untuk dapat menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan secara terintegrasi dan komprehensif, sehingga pada akhirnya dapat bekerja secara mandiri dan professional. Internsip ini juga menjadi wahana dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Program dokter internsip telah banyak dilaksanakan oleh Negara-negara di dunia, yang mana penyelenggaraannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di negara masing-masing. Penyelenggaraan program internsip ini hendaknya dipandang secara positif khususnya oleh para peserta PIDI.

 

pidi

Gambar : Kepala DInas Kesehatan Moh. Bisiri memberikan pembekalan kepada Peserta Dokter Internsip

Sejalan dengan hal diatas, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melalui seksi SDMK telah melaksanakan Pembekalan Peserta Dokter Internsip Indonesia (PIDI) Angkatan II Periode Mei Tahun 2021 yang akan memulai masa penugasan di Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah 43 peserta. Acara ini berlangsung selama 3 hari (4-6 Mei 2021) bertempat di Harris Hotel Batam Center, Kota Batam. Pembekalan PIDI ini dibuka langsung oleh Kepala DInas Kesehatan Provinsi Moh.Bisri. Beliau mengharapkan agar para peserta PIDI yang baru ini dapat meningkatkan profesionalismenya seiring dengan peningkatan akhlak dan empati dalam melayani serta Program PIDI ini juga menjadi wahana dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Menyadari posisi strategis para tenaga dokter dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan, saya sangat mengharapkan bahwa para peserta PIDI yang baru ini dapat meningkatkan profesionalismenya seiring dengan peningkatan akhlak dan empati dalam melayani. Tidak dapat kita tampik, bahwa dapat dikatakan tingkat kepuasan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Negara kita ini masih relatif rendah. Akibatnya, tidak sedikit dari masyarakat kita yang mampu mencari pelayanan kesehatan ke Negara tetangga. Tentunya hal ini, merugikan dan membebani masyarakat kita.

Selain itu, Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa wabah pandemi COVID-19 di negara kita dan juga negara lainnya, masih belum menunjukkan penurunan kasus yang bermakna. Bahkan pada bulan April- Mei ini, kasus Covid-19 meningkat signifikan di beberapa Provinsi termasuk Provinsi Kepulauan Riau yang mana pada bulan Februari-Maret, kasus sudah sempat melandai. Untuk itu, peserta dokter internsip dapat berperan aktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Begitu juga kami sangat mengharapkan kedisiplinan peserta dokter internsip untuk bisa menjadi role model di tempat kerja dan juga di lingkungan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan. Dengan demikian, kesehatan dan keselamatan tenaga kesehatan dan pasien dapat terlindungi dan kasus dapat dikendalikan. (AD)

WhatsApp Image 2021 05 05 at 12.36.22 1

Gambar : Para Peserta Program Dokter Internsip Indonesia (PIDI)

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech