Pekan Imunisasi Dunia: “Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri!”

Cetak

8acd55f8 6f3e 4911 840c 494102fbac29

Setiap minggu ke-4 bulan April diperingati hari sebagai Pekan Imunisai Dunia (PID). Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh lebih dari 180 Negara anggota WHO dengan fokus pada tindakan kolektif untuk menjamin setiap orang terlindungi dari penyakit yang bisa dicegah  melalui imunisasi (PD3I).

 

Tahun ini peringatan PID tepatnya tanggal 24-30 April 2021 dengan selogan “Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri!” merupakan momentum penting untuk meningkatkan cakupan vaksinasi nasional, khususnya bagi anak Indonesia. Anak-anak didorong untuk bisa mendapatkan imunisasi dasar lengkap di fasilitas kesehatan terdekat tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Tak hanya itu, peringatan PID ini juga sebagai mementum untuk mempercepat vaksinasi bagi lansia. Diharapkan ini bisa semakin mempercepat tercapainya herd imunity. Untuk diketahui, tingkat kesakitan dan kematian lansia akibat tertular atau terinfeksi Covid-19 adalah 50 persen dibandingkan mereka yang tidak terinfeksi.

Background Pekan Imunisasi Dunia :

Peran Vaksin Terutama Dalam Masa Pandemi

Berbagai tantangan masih kita hadapi dalam pelaksanaan program imunisasi antara lain masalah pasokan vaksin, manajemen rantai dingin vaksin, layanan imunisasi yang harus ditingkatkan kualitasnya, adanya isu negatif tentang vaksin dan kurangnya pengetahuan sebagian masyarakat tentang manfaat imunisasi. Namun Menteri Kesehatan mengajak agar tantangan-tantangan ini harus kita sikapi dengan tepat dan sungguh-sungguh agar hambatan pada pelaksanaan program imunisasi dapat dihindari dan agar segenap Rakyat Indonesia terlindung dari bermacam penyakit yang notabene nya dapat dicegah menggunakan vaksin.

Menteri Kesehatan menghimbau kepada segenap pelaksana/pengelola/praktisi program imunisasi, para stakeholder dan para penggiat imunisasi, termasuk kalangan pers untuk :

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech