• Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

    Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Aula Asrama Haji, Tanjungpinang

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Tingkat RT/RW dalam Pencegahan COVID-19

  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Tajur biru, Temiang Pesisir Kab. Lingga.

  • Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Masker Bertali

Tali masker

Gambar : Do's & Dont's Pakai Tali Masker

Masker, kini menjadi barang yang WAJIB kita gunakan untuk aktifitas atau kegiatan kita sehari-hari diluar ruangan maupun didalam ruangan, hendaknya kita semua ketahui bagaimana menggunakan masker dengan benar. Berbagai macam variasi jenis masker dan model masker yang digunakan, dari masker kain hingga masker medis. Tujuannya adalah penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus melalui percikan droplet.

 

Seiring berjalannya waktu, penggunaan masker berkalung atau masker yang terdapat tali strap mulai menjadi tren di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan masker tersebut sangat praktis untuk digunakan dan dilepaskan. Namun perlu diketahui, penggunaan masker berkalung ini memiliki higienitas yang kurang. Hal tersebut dikarenakan masker pada sisi dalam sudah terkontaminasi droplet ketika berbicara, batuk, atau dari helaan nafas yang kotor sehingga berpotensi menularkan kepada orang sekitar. Selain itu, masker ini juga sering dibiarkan tergantung tanpa pelindung sehingga berpotensi menerima paparan dari luar. Untuk menghindari hal tersebut, apabila masker tidak digunakan lebih baik simpan masker menggunakan kantong yang dapat ditutup berbahan kertas atau bahan lain yang aman untuk menghindari paparan, khususnya ketika makan dan minum.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan tali masker adalah seringlah sterilkan strap, mencuci tangan saat akan menggunakan strap, darpada digantung dileher ada baiknya memasukan masker kedalam kantong platik/kertas yang tertutup saat tidak dipakai, dan gantilah masker tiap 4 jam atau saat masker mulai kotor. Kemudian yang tidak harus dilakukan saat menggunakan tali masker adalah : jangan lepas-pasang masker terlalu sering, jangan sering menggantung masker akan lebih baik jika digunakan setiap saat, masker yang sama akan dipakai sepanjang hari, dan terlalu banyak assesoris membuat susah untuk dibersihkan.

Baiknya perhatikan cara penggunaan masker dengan benar yaitu : Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum memasang masker. Cari sisi luar masker, Jika masker memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit, sementara lapisan hijau menghadap ke luar. Tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung. Untuk masker dengan menggunakan tali, posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher. Untuk masker karet, perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat. Dan panjangkan lekukan-lekukan masker ke bawa untuk menutupi semua bagian yang perlu ditutup yaitu hidung, mulut serta dagu.

Selain menggunakan masker, pastikan sebelum menggunakan dan melepaskan masker untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir minimal 20 detik. Masyarakat diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, jangan lupa tetap disiplin 3M meski setelah divaksinasi covid-19 untuk Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19 (MH)

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech