• Pelantikan Pejabat Eselon II dan Pejabat Fungsional Provinsi Kepulauan Riau

    Pelantikan Moh. BISRI, SKM, M.Kes (Depan, Tengah) sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

  • Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

    Orientasi Tatalaksana TBC Di FKTP Dan FKRTL Provinsi Kepulauan Riau Batam, 12 – 14 Februari 2020

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Manfaatkan Ruang Laktasi Guna Mendukung Pemberian ASI Ekslusif

WhatsApp Image 2020 09 25 at 12.46.33

Gambar : Ruang Laktasi di Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

Keberadaan pojok laktasi di tempat umum dan perkantoran penting sekali untuk menaikkan persentase pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif. Hak bayi memperoleh ASI eksklusif telah dijamin Undang-Undang RI Nomor 26 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Penyediaan pojok laktasi di tempat-tempat umum dan perkantoran, termasuk puskesmas dan rumah sakit, sebetulnya diwajibkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012. Namun demikian hanya segelintir di antaranya yang membuat pojok itu menjadi nyaman dan sangat memperhatikan privasi ibu menyusui. Misalnya memiliki bilik-bilik untuk memerah ASI, tempat mengganti popok bayi, dan tempat mencuci botol susu.

 

Pada seribu hari pertama kehidupan, komponen pemberian ASI sangat penting. Kehidupan anak selanjutnya sangat ditentukan pada hari pertamanya. Selain itu pemberian ASI kepada bayi bisa membuat bayi menjadi lebih sehat. Tumbuh kembangnya pun menjadi lebih berkualitas. Salah satu 'keajaiban' ASI memang tidak dapat digantikan dengan makanan atau minuman apapun karena memiliki nilai gizi yang paling tinggi dibandingkan dengan makanan bayi yang dibuat oleh manusia ataupun susu yang berasal dari hewan. Beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam ASI adalah imunoglobulin, protein, enzim, hormon, sel darah putih, dan zat gizi lainnya. Zat gizi inilah yang mendukung tumbuh kembang anak.

Untuk itu, pemberian ASI kepada bayi sangat penting. Selama pemberian ASI, pihak keluarga, pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus. Mendapatkan air susu ibu (ASI) merupakan hak bagi bayi. Pemberian ASI merupakan titik penting bagi bayi karena tingkat kematian anak dapat diturunkan dengan memberikan ASI eksklusif.

Semoga dengan berjalannya waktu, semakin banyak pengelola kantor dan tempat umum sadar penambahan jumlah dan kualitas pojok laktasi diperlukan untuk mendukung pemberian ASI eksklusif. Secara tidak langsung penyediaan pojok laktasi mendorong naiknya derajat kesehatan dan kecerdasan generasi penerus bangsa.

 

-AD

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech