• banner7

    Lepas Sambut Peserta Program Dokter Keluarga Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2018-2019

  • Banner
  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Tetap dirumah aja tidak berarti menjadi penghambat dalam beraktivitas fisik

WhatsApp Image 2020 05 10 at 11.46.50

Gambar : Aktivitas fisik dirumah

Berbagai kebijakan yang telah dilakukan Pemerintah dalam rangka percepatan penanganan pencegahan corona virus disease (Covid-19), salah satunya adalah mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah dan menjaga jarak fisik demi memutuskan mata rantai penularan Covid-19. Kebijakan untuk tetap berada dirumah aja tidak berarti menjadi penghambat dalam beraktivitas. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar tetap bugar meski dirumah aja :

 

1. Berkebun atau Membersihkan Halaman Rumah.

Perilaku hidup bersih dan sehat tidak hanya mengharuskan kita untuk tetap menjaga kebersihan fisik semata, melainkan juga lingkungan sekitar. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan halaman rumah. Selain itu, berkebun juga dapat menjadi salah satu pilihan menyenangkan untuk mengisi waktu luang semasa pandemi ini. Tidak harus dilahan yang luas, kita dapat berkebun dengan menggunakan media pot maupun polybag. Berbagai macam tanaman pun dapat menjadi pilihan dalam menunjang aktivitas ini seperti tanaman hias, apotek hidup, dll. Kegiatan berkebun tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan. Saat membersihkan halaman dan berkebun, tubuh akan lebih aktif bergerak, tanpa kita sadari tubuh sedang melakukan pembakaran kalori yang tentunya akan membuat tubuh menjadi bugar dan sirkulasi darah menjadi lancar.

2. Bermain Aktif Bersama Anak

Aktivitas dirumah aja dapat menjadi sarana positif dalam menciptakan ikatan emosional yang kuat antara orangtua dan anak. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan bersama, maka semakin kuat pula ikatan yang terjalin. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan bonding antara orangtua dan anak seperti, bermain aktif bersama anak, membimbing anak dalam menyelesaikan tugas, ngobrol  bersama anak, serta hal-hal seru dan menarik lainnya sesuai dengan hobi anak yang dapat dilakukan bersama dan pastinya tetap dirumah aja. Berbagai aktivitas yang dilakukan bersama ini tentunya akan mempererat hubungan, rasa cinta, kasih sayang, serta kebahagiaan antara orangtua dan anak. Para ilmuan meyakini bahwa bonding yang kuat antara orangtua dan anak menjadi contoh pertama bagi sang anak dalam menciptakan hubungan yang sehat dimasa depan serta akan sangat memengaruhi perkembangan kognitif dan sosialnya.

3. Menyapu, Mengepel Lantai, Mencuci Pakaian.

Tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan-kegiatan rumah tangga seperti menyapu, mengepel lantai, mencuci pakaian, memasak, dan lain-lain. Berbagai aktivitas rumah tangga ini dapat menjadi aktivitas positif semasa pandemi Covid-19. Tidak hanya untuk ibu, semua anggota keluarga berperan aktif dalam menjaga kondisi rumah agar tetap bersih dan sehat demi mencegah virus masuk ke rumah, sehingga terhindar dari wabah virus corona.

WhatsApp Image 2020 05 10 at 11.46.50 1

4. Latihan Fisik atau Olahraga Ringan

Latihan fisik dan olahraga ringan sangat penting untuk kesehatan. Tidak harus diluar rumah, kegiatan ini juga dapat dilakukan dirumah aja untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Beberapa jenis latihan fisik yang dapat dilakukan seperti senam, yoga, lompat tali, lari ditempat atau ikuti video online.

Mager, banyak duduk, berbaring atau main handphone seharian membuat tubuh menjadi tidak bugar. Untuk itu kita harus tetap melakukan aktivitas-aktivitas positif selama pandemi Covid-19. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari atau 3 – 5 kali seminggu. Dan pastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat sebelum melakukan aktivitas fisik tersebut. Mari bersama lawan corona, tetap sehat meski dirumah aja.

 

-AD

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech