• banner7

    Lepas Sambut Peserta Program Dokter Keluarga Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2018-2019

  • Banner
  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Tips hidup sehat ditengah pandemi corona

tips sehat corona

@Shutterstock

Yuk simak beberapa tips berikut ini agar tetap sehat dikala menghadapi pandemi corona :

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Seseorang yang memiliki pola makan yang baik, diet seimbang, bergizi dan bervariasi cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat dengan sistem imun tubuh yang lebih kuat, dan memiliki risiko rendah terhadap serangan penyakit infeksi dan kronis. Berbagai jenis makanan segar atau yang diproses secara minimal merupakan sumber vitamin, mineral, serat, protein serta antioksidan.

 

Beberapa sayuran dan bumbu dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu, brokoli, bayam, buncis, wortel, bawang putih, jahe, kunyit.  Sedang buah-buahan adalah jeruk, lemon, mangga, pepaya, jambu, semangka, stroberi, kiwi, paprika. Jenis kacang almon juga dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh, demikian juga ikan seperti salmon, tuna, dan lainnya dikenal memiliki omega 3 dan asam lemak tidak jenuh yang penting untuk tubuh sehat.

  1. Cukup minum air putih

Untuk mendukung tubuh sehat kita juga perlu minum cukup air, yaitu 8 sampai 10 gelas setiap hari. Walaupun air putih merupakan pilihan yang terbaik, namun air juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi teh, kopi, jus, dan sebagainya.

  1. Berolahraga dengan teratur

Berolahraga teratur dan berjemur menurutnya sangat diperlukan untuk mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari serta istirahat yang cukup. Jangan lupa tetap bahagia dan bersemangat karena hal ini merupakan modal penting untuk mendukung kesehatan tubuh dan mental, agar kita dapat menekan risiko serangan penyakit.

  1. Kelola Stress

Manajemen stres dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan diri. Lakukan pula aktivitas yang berhubungan dengan orang lain dengan memanfaatkan teknologi seperti menelepon, video call, media sosial, dan bermain game online. Menjaga ketenangan batin, misalnya dengan meditasi, berdoa, dan tetap bergerak dengan aktif di rumah misalnya bekerja giat, melakukan hobi, membereskan rumah, bermain dengan anak, bahkan berkebun dan memasak juga bisa jadi cara untuk mengelola stres di tengah masa penuh kecemasan, stres, depresi, seperti saat ini.

  1. Tidur yang cukup

Pandemi virus corona / Covid-19 membuat sebagian orang memiliki rasa kekhawatiran berlebih. Situasi seperti ini bisa mengacaukan kualitas tidur karena merasa cemas dan takut Tidur menjadi kebiasaan wajib yang harus dimiliki setiap orang untuk menjaga kesehatan mereka. Di tengah pandemi virus corona covid-19, sebagian orang mengalami kekacauan dalam tidur. Sehingga tidur mereka menjadi tidak berkualitas Jika kondisi ini terus berlangsung, maka bisa menjadi penyebab turunnya imun tubuh. di mana imun tubuh di tengah pandemi virus corona sangat penting untuk melawan virus.

Nah itulah beberapa tips sehat ditengah pandemi virus corona. Lakukanlah tips diatas agar mendapat tubuh yang sehat dan imunitas tubuh yang baik sehingga terhindar dari gejala virus Corona.

 

 

Penulis : AD

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech