• banner7

    Lepas Sambut Peserta Program Dokter Keluarga Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2018-2019

  • Banner
  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Kebiasaan cuci tangan, awal terhindar dari penyakit

cuci tangan hindari

Pernah mendengar jargon yang menyatakan bahwa “masa depan ada di tangan kita”? Secara harfiah, kalimat tersebut benar adanya, karena masa depan kesehatan kita tergantung pada kebersihan tangan. Jika tangan kita kotor, maka kita juga rentan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering dipakai untuk beraktivitas, sehingga menjadi tempat subur tumbuhnya kuman, virus, dan bakteri. Salah satu cara mudah membebaskan tangan dari penyebaran mikroba tersebut adalah dengan kebiasaan mencuci tangan secara baik dan tepat.

 

Kebersihan tangan bukan lagi menjadi pilihan, tetapi kewajiban yang harus dipenuhi. Berikut sejumlah alasan mengapa kita harus segera menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan hidup sehat yaitu :

  1. Mencegah penyakit

Kebiasaan mencuci tangan dapat mencegah kita dari penyakit, karena higienitas tangan membuat kita terhindar dari kuman, bakteri, dan virus jahat. Ketiga mikroorganisme tersebut sering kali tersebar di mana saja, seperti di ponsel, laptop, meja, sepatu, dan benda-benda yang terdekat dengan kita. Maka itu, kita perlu berhati-hati dengan melakukan tindakan pencegahan paling sederhana, yaitu mencuci tangan.

  1. Menghentikan penyebaran kuman

Kuman dari tangan kotor dapat menyebar ke benda maupun orang lain lewat sentuhan dan pegangan. Terlebih lagi sifat kuman yang mikroskopis membuat kita tak melihat bagaimana mikroogranisme tersebut menempel pada benda dan tangan orang lain. Jangan sampai kuman betah berlama-lama di tangan kita, bersihkan dengan mencuci tangan. Aktivitas simpel yang membantu kita mencegah diri dari kuman penyebab penyakit diare, infeksi kulit, mata, hingga saluran penapasan (ISPA).

  1. Menyingkirkan virus dan bakteri

Pernah mendengar nasehat untuk mencuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan? Hal ini dikarenakan mencuci tangan sebelum memegang alat makan maupun makanan, akan membantu kita terhindar dari infeksi saluran cerna yang disebabkan oleh bakteri Salmonella dan virus penyebab influenza.

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun, mencuci tangan juga punya aturan tersendiri. Tidak efektif jika hanya menggunakan air. Sebaiknya kita mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Walaupun sabun tidak sepenuhnya mampu membunuh kuman, tapi kandungan sabun mampu menyingkirkan kuman dari tangan.

Namun, kita juga perlu memperhatikan tempat menyimpan sabun yang kita gunakan untuk mencuci tangan. Jika tidak disimpan di tempat bersih, sabun juga bisa menjadi perantara penyebaran bakteri ke tangan kita.

Cara yang tepat untuk mencuci tangan, bukan hanya dengan bilasan air dan gosokan sabun, mencuci tangan lebih daripada itu. kita perlu mengetahui cara terbaik cuci tangan agar hasilnya lebih bersih dan sehat. Ikuti langkahnya sebagai berikut :

  • Basahi tangan kita dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin).
  • Oleskan sabun di telapak tangan kita.
  • Gosok sabun hingga bagian belakang tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku tangan kita selama 20 detik.
  • Sesudahnya, bilas kembali tangan kita dengan air, dan keringkan.

Kebiasaan mencuci tangan memang baik dilakukan, tapi jangan sampai berlebihan terutama ketika tangan kita menjadi kering, terluka, dan berdarah karenanya. Jika demikian, cepat lakukan pertolongan pertama dengan mengoleskan krim pelembab kulit maupun obat penyembuh luka.

Sepintas, cuci tangan memang terdengar sebagai aktivitas yang sepele. Tapi, justru ini adalah bentuk pencegahan infeksi virus, kuman, dan bakteri yang paling yang dasar. Praktekkan terus aktivitas ini hingga menjadi kebiasaan baru untuk gaya hidup sehat sehari-hari.

 

Penulis : MH

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech