• Pelantikan Pejabat Eselon II dan Pejabat Fungsional Provinsi Kepulauan Riau

    Pelantikan Moh. BISRI, SKM, M.Kes (Depan, Tengah) sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Workshop Posyandu Dalam Meningkatkan Kompetensi Kader Posyandu

WhatsApp Image 2020 03 07 at 10.19.52

Gambar : Kadinkes Kepri Memberikan Kata Sambutan pada Workshop Peningkatan Kader Posyandu

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber sya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

WhatsApp Image 2020 03 07 at 10.26.13

Gambar : Peserta Workshop Kader Posyandu 

Upaya pengembangan kualitas sumberdaya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan secara merata, apabila sistim pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat seperti posyandu dapat dilakukan secara efektif dan efisien dan dapat menjangkau semua sasaran yang membutuhkan layanan kesehatan anak, ibu hamil, ibu menyusui dan ibu nifas.

Pengelola posyandu adalah unsur masyarakat, lembaga kemasyarakatan, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, lembaga mitra pemerintah dan dunia usaha yang dipilih, bersedia, mampu dan memiliki waktu dan kepedulian terhadap pelayanan sosial dasar masyarakat di posyandu. Pengelola posyandu dipillih pada saat musyawarah pembentukan posyandu, dalam hal ini disebut kader. Kader merupakan anggota masyarakat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu secara sukarela.

WhatsApp Image 2020 03 07 at 10.54.50

Gambar : Pemberian Bantuan Kepada Kader Posyandu

Kader yang telah dipilih untuk menyelenggarakan posyandu kemudian diberikan orientasi oleh puskesmas terkait tugas dalam penyelenggaraan posyandu. Untuk menjamin keberhasilan penyelenggaraan posyandu, kader berkewajiban untuk meningkatkan pemahamannya tentang posyandu seperti refresing tentang posyandu terintegrasi atau kegiatan inovasi  lainnya yang dapat dilakukan di posyandu.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau melakukan workshop peningkatan kompetensi kader posyandu dalam mendukung kebijakan PHBS  di OS Hotel Batu Aji Kota Batam, Sabtu (07/03/2020). Acara ini dihadiri oleh Plt. Gubernur Kepri H.Isdianto yang didampingi oleh Kepala DInas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana, Kabiro hukum Provinsi Kepri  Heri Mokrizal, dan Anggota DPRD Provinsi Kepri Irwansyah.

Peserta Workshop ini  diikuti sekitar 350 orang kader yang berasal dari 4 kecematan yaitu : Kecamatan Sagulung, Kecamatan Batu Aji, Kecamatan Sekupang, dan Kecamatan Belakang Padang. Adapun metode kegiatan ini adalah Penyampaian Materi, Diskusi dan Tanya jawab, Selain itu juga diadakan pemberian bantuan oleh Plt. Gubernur Kepri kepada kader posyandu.

 

 

Penulis : DW

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech