• banner7

    Lepas Sambut Peserta Program Dokter Keluarga Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2018-2019

  • bannerbig3

    Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto, S.Sos., MM menerima Piagam Penghargaan oleh Menteri PANRB atas inovasi "Cegah Stunting bersama Dokter Keluarga" dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 - Semarang

  • bannerbig1

    Workshop Manajemen Terpadu Tuberculosis Resisten Obat (MTPTRO) di Tanjungpinang

  • bannerbig2

    Tim Data Provinsi Kepri dan 5 Kab/Kota Terpilih mengikuti Sosialisasi Integrasi Sistem Informasi menuju Satu Data Kesehatan (Pusdatin Kemenkes RI) - Jakarta

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Orientasi Pemuktahiran Data Dan Surveilans Gizi

Orientasi Pemutakhiran Surveilans Gizi

Gambar : Orientasi Pemuktahiran Data Dan Surveilans Gizi

Menurut Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi balita underweight sebesar 13%, balita stunting 23,5% dan balita wasting 11,2%. Hasil tersebut menunjukkan belum mencapai target prevalensi gizi kurang yang ditetapkan dalam Millenium Development Goals (MDGs) yaitu 15,5% pada tahun 2015. Untuk memperoleh informasi pencapaian kinerja perbaikan gizi masyarakat secara cepat, akurat, teratur dan berkelanjutan, perlu dilaksanakan kegiatan surveilans gizi di seluruh wilayah provinsi dan kabupaten/kota.

 

Pelaksananan surveilans gizi akan memberikan indikasi perubahan pencapaian indikator kegiatan pembinaan gizi masyarakat. Selain itu, pelaksanaan surveilans gizi diperlukan untuk memperoleh tambahan informasi lain yang belum tersedia dari laporan rutin, seperti konsumsi garam beriodium, pemantauan status gizi anak dan ibu hamil risiko Kurang Energi Kronis (KEK) atau studi yang berkaitan dengan masalah gizi mikro, dan lain-lain. Surveilans gizi diperlukan untuk mengamati keadaan gizi secara terus menerus untuk pengambilan keputusan bagi upaya peningkatan dan pencegahan memburuknya keadaan gizi masyarakat.

Untuk mencapai hal tersebut diperlukan pengumpulan data secara teratur, baik yang dilakukan secara khusus untuk keperluan surveilans gizi maupun dari data yang sudah ada atau keduanya. Data dan informasi yang dikumpulkan harus dapat diintepretasikan dan digunakan untuk tindakan. Data dan informasi Surveilans Gizi akan di entry ke dalam aplikasi E-PPGBM (Elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) secara berkala.

Secara umum tujuan diadakannya Orientasi Permuktahiran Data Dan Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 adalah Untuk memperoleh gambaran status gizi di Provinsi Kepulauan Riau.

Dan secara khusus tujuan Orientasi Permuktahiran Data Dan Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 adalah Tersedianya informasi secara cepat, akurat, teratur dan berkelanjutan mengenai perubahan pencapaian kinerja pembinaan gizi mengenai :

  1. Persentase balita stunting
  2. Persentase balita wasting
  3. Persentase balita underweight
  4. Persentase Ibu hamil KEK (Kurang Energi Kronis)

Peserta Orientasi Permuktahiran Data dan Surveilans Gizi Tingkat Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 89 (delapan puluh sembilan) orang yang terdiri dari pengelola program gizi Kabupaten/Kota dan Tenaga Pengelola Gizi (TPG) Puskesmas Se-Provinsi Kepulauan Riau. Narasumber Orientasi Permuktahiran Data dan Surveilans Gizi Tingkat ProvinsiKepulauan Riau sebanyak 6 (enam) orang terdiri dari 2 orang narsum berasal dari Kementerian Kesehatan RI, 4 orang narasumber berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

 

MH12

Video Promosi Kesehatan

Buku Saku Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech