• Selamat dan Sukses atas pelantikan Bapak Ansar Ahmad dan Ibu Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Periode 2021-2024.
  • Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

    Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Anambas

  • Dialog Interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

    Dialog interaktif bersama kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau di RRI Tanjungpinang

  • Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Vaksin COVID-19 dan Logistik Pendukung Untuk Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau

  • Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

    Tracing Kontak sebagai upaya mengendalikan laju penyebaran virus COVID-19 di RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56 di Halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang

  • Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang

    Peninjauan Kesiapan Pembangunan RSKI Galang, Kota Batam

Keberadaan tenaga kesehatan merupakan bagian dari misi kemanusiaan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan

Dinkes Kepri Gelar Workshop PIS-PK Tahun 2019

Pis PK Resize

Dinas kesehatan Provinsi Kepulauan Riau telah mengadakan workshop Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada tanggal 11 s/d 14 April 2019 bertempat di hotel Best Western Premier Panbil, Kota Batam. Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala dinas kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Bapak Dr. H. Tjetjep Yudiana,M.Kes.

 

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) adalah sebuah kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sehat melalui peningkatan akses masyarakat terhadap fasilitas kesehatan dengan melakukan kunjungan keluarga dan melakukan intervensi sesuai permasalahan kesehatan yang dihadapi keluarga dan masyarakat. Pelaksanaan PIS-PK di lakukan oleh Puskesmas terintegrasi dengan manajemen Puskesmas yang meliputi P1 (Perencanaan), P2 (Penggerakan-Pelaksanaan), dan P3 (Pengawasan-Pengendalian-Penilaian). 

IMG 3056 Resize

Dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota berperan penting dalam pembinaan teknis, pemantauan dan pengendalian pada setiap tahapan pelaksanaan di wilayah kerjanya, mengembangkan sistem pelaporan, memberikan umpan balik hasil pelaporan dan melakukan pemetaan wilayah tingkat provinsi, kabupaten/kota dan Puskesmas berdasarkan hasil evaluasi. Selain itu Kegiatan Workshop Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ini dilakukan untuk menfasilitasi kabupaten tersebut agar dapat mempercepat proses penginputan daha hasil kunjungan keluarga. Sehingga pelaporan dapat berjalan dengan bik daan dapat di lakukan analisa untuk intervensi lebih lanjut.

Salah satu kendala dari sistem pelaporan di Provinsi Kepulauan Riau adalah lambat nya menginputan data hasil kunjungan ke aplikasi keluarga sehat, khususnya untuk 3 kabupaten yang sulit dengan signal internet yaitu Lingga, Natuna dan Anambas.

Metode dan straregi yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah pemaparan oleh tiap kabupaten/Kota. dan tanya jawab  Adapun output/hasil dari kegiatan ini adalah Terselenggaranya Kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Kab/Kota Se-Provinsi Kepri serta didapatnya Laporan Hasil kunjungan melaui angka IKS dari aplikasi PIS PK serta adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan teknis tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota dalam pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

 

Video Promosi Kesehatan

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg
  • WhatsApp_Image_2020-11-11_at_20.03.23.jpeg
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech