• banner7

    Sweeping Imunisasi Campak Rubella di Sekolah Dasar

  • bannerbig3

    Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak Rubella Agustus-September 2018

  • bannerbig1

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 oleh Bapak Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig2

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat  Kabupaten Bintan Tahun 2018 oleh Bapak Wakil Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Lindungi buah hati dan keluarga....Mari Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Provinsi Kepulauan Riau ....1 Agustus - 30 September 2018.. ...untuk anak berusia 9 bulan - 15 tahun...di seluruh Pos Imunisasi MR (Sekolah dan Fasyankes)

Cegah Keterbelakangan Mental Pada Anak, Dinkes Prov.Kepri adakan Kegiatan Simulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK)

 

sdidtk natuna

Gambar : Peserta melakukan simulasi praktek SDIDTK antar peserta kegiatan

Lima tahun pertama kehidupan anak merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis karena pada masa inilah terbentuk dasar-dasar kemampuan keinderaan, berfikir, berbicara serta pertumbuhan mental intelektual yang intensif dan awal pertumbuhan moral.

Agar anak usia dini tumbuh dan berkembang secara optimal, maka pemenuhan akan gizi perawatan dan pelayanan kesehatan, kasih saying, perlindungan, simulasi, penghargaan, penegakan norma-norma sosial dan agama (ASAH,ASIH,ASUH) harus diselenggarakan sedini mungkin.

 

Kegiatan Simulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) adalah kegiatan komprehensif untuk memantau aspek tumbuh kembang anak. Kegiatan simulasi sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuh, baik fisik, mental, emosional maupun social serta memiliki intelegensi majemuk sesuai dengan potensi genetiknya. Kegiatan deteksi dini untuk mengetahui penyimpangan tumbuh kembang yang tidak sesuai dengan keadaan normal seawall mungkin dan kegiatan intervensi adalah kegiatan untuk mengoreksi dan mengatasi masalah atau penyimpangan.

Sasaran SDIDTK adalah orang tua yang memiliki anak dengan usia 0 – 6 tahun. Mereka dibekali pengetahuan seputar pertumbuhan anak, supaya orang tua mengetahui lebih dini jika anak mengalami gangguan pertumbuhan.

                 SDIDTK SDIDTK 1

Gambar : Kegiatan Stimulasi Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang di Salah Satu PAUD yang ada di Natuna

Materi stimulasi yang diberikan yaitu dengan merangsang kemampuan dasar anak supaya berkembang secara optimal. Rangsangan tersebut meliputi kemampuan gerak kasar, gerak halus, berbahasa, sosialisasi dan kemandirian. Caranya dengan memberikan rangsangan suara, musik, gerakan, perabaan, bicara, bernyanyi, bermain, memecah masalah, mencoret dan menggambar. Seluruh materi stimulasi diberikan dengan prinsip-prinsip dasar yaitu dengan kasih sayang, sesuai kelompok umur, tidak memaksa anak, menggunakan alat bantu permainan dan diberi pujian atau hadiah atas keberhasilan.

Kebutuhan emosi/kasih sayang juga diperlukan bagi balita. Hubungan yang erat dari kedua orang tua merupakan syarat mutlak dalam menjamin tubuh kembang anak. Kehadiran dari peran kedua orang tua bermanfaat untuk menjalin rasa aman, sebaliknya jika anak kekurangan kasih sayang maka tumbuh kembang anak akan terganggu, baik secara fisik maupun mental.

Kebutuhan fisik juga merupakan hal yang tak boleh dilupakan dan perlu mendapat banyak perhatian. Hal-hal rutin yang harus diberikan bagi anak adalah kebutuhan makanan bernutrisi, kebersihan tubuh, imunisasi, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, olahraga, bermain serta istirahat yang cukup.

Mengingat belum adanya fasilitator kegiatan orientasi SDIDTK Revisi di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau, maka perlu dilakukan kegiatan “Orientasi Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Revisi Tahun 2018, Dengan demikian Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Melalui Seksi Kesga & Gizi Masyarakat melaksanakan kegiatan orientasi SDIDTK Revisi di Kabupaten Natuna. (Kesga/ SP)

Video Promosi Kesehatan

Langkah Cerdas Jaga Keamanan Pangan

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech