• banner7

    Deteksi Dini TBC pada Suku Laut Dusun Tembok Desa Mentuda - Lingga

  • bannerbig3

    Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak Rubella Agustus-September 2018

  • bannerbig1

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 oleh Bapak Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig2

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat  Kabupaten Bintan Tahun 2018 oleh Bapak Wakil Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Lindungi buah hati dan keluarga....Mari Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Provinsi Kepulauan Riau ....1 Agustus - 30 September 2018.. ...untuk anak berusia 9 bulan - 15 tahun...di seluruh Pos Imunisasi MR (Sekolah dan Fasyankes)

Cegah Hipotiroid pada bayi dengan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK)

 

edit shk

Gambar : Instrumen Pengambilan Sampel Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK)

Hipotiroid kongenital merupakan salah satu penyebab terjadinya retardasi mental pada anak. Insiden hipotiroid kongenital adalah 1 : 3000-4000 bayi. Bayi hipotiroid kongenital dapat menunjukkan gejala letargi, ikterus, konstipasi, sering tersedak, kulit teraba dingin, tangisan serak, kulit kering, perut buncit, hernia umbilikalis, hipotonia, fontanel posterior melebar, lidah besar, edema, refleks lambat, dan goiter. Penyakit hipotiroid kongenital dapat disembuhkan secara total jika pengobatan dilakukan sejak dini.

Skrining hipotiroid kongenital dilakukan dengan mengambil sampel darah kapiler dari permukaan lateral kaki bayi atau bagian medial tumit, pada hari ke 2 sampai 4 setelah lahir. Darah kapiler diteteskan ke kertas saring khusus. Kertas saring tersebut dikirim ke laboratorium yang memiliki fasilitas pemeriksaan Thyroid-Stimulating Hormone (TSH).

Melihat akibat kekurangan tiroid pada bayi sangat fatal maka perlu dilakukan skrining pada bayi baru lahir sehingga apabila terdeteksi sejak awal dapat dilakukan tindakan dan intervensi sesegera mungkin.

SHK 2

Kegiatan dilaksanakan dengan cara pengambilan sampel sesuai prosedur yang dilakukan oleh tenaga kesehatan yang telah dilatih, kemudian dilakukan pengiriman ke fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk guna pelaksanaan pemeriksaan laboratorium. Fasilitas yang ditunjuk memberikan feedback berupa hasil pemeriksaan. Keluaran kegiatan yang terdiri dari 1000 bayi yang diskrining hipotiroid akan dicapai dalam kurun waktu sepanjang tahun 2018 di 4 Kab/kota Yaitu : Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga di provinsi kepulauan riau. (SP/Kesga)

Video Promosi Kesehatan

Langkah Cerdas Jaga Keamanan Pangan

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech