• banner7

    Sweeping Imunisasi Campak Rubella di Sekolah Dasar

  • bannerbig3

    Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak Rubella Agustus-September 2018

  • bannerbig1

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 oleh Bapak Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig2

    Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat  Kabupaten Bintan Tahun 2018 oleh Bapak Wakil Gubernur Kepulauan Riau

  • bannerbig5

    Cek Kesehatan Berkala Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannerbig6

    Monitoring Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau

  • bannergermas

    Buku Monitoring Faktor Risiko PTM..pantau dan sadari tingkat kesehatan anda secara berkala

Lindungi buah hati dan keluarga....Mari Sukseskan Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella di Provinsi Kepulauan Riau ....1 Agustus - 30 September 2018.. ...untuk anak berusia 9 bulan - 15 tahun...di seluruh Pos Imunisasi MR (Sekolah dan Fasyankes)

Seluk Beluk Kampanye Imunisasi Campak Rubella 2018

IMG 20180705 WA0037

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau akan melaksanakan pencanangan Kampanye MR serentak mulai 1 Agustus 2018 di 7 Kabupaten/Kota. Pencanangan Tingkat Provinsi akan dilaksanakan di SD Negeri 001 Sagulung Batam yang akan dicanangkan secara resmi oleh Gubernur Kepulauan Riau, pencanangan di Kota Tanjungpinang bertempat di SD/SMP Pelita Nusantara Tanjungpinang dan dicanangkan oleh Ibu Gubernur Kepulauan Riau. Untuk pencanangan di Kabupaten/Kota lainnya akan dicanangkan oleh Bupati/Walikota.

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Vaksin yang digunakan telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari BPOM RI. Vaksin MR 95% efektif untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella. Vaksin ini aman dan telah digunakan di lebih dari 141 negara di dunia termasuk Negara Islam seperti Saudi Arabia dan lainnya.

MUI3

Menanggapi rumor kehalalan vaksin yang sedang berkembang dimasyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Dr. H. Tjetjep Yudiana, M.Kes) menyatakan “Program ini adalah Program Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah adalah kepanjangan yang harus searah geraknya.. jika ada perintah Presiden untuk memberhentikannya kita pasti menghentikannya.. jika tidak ada perintah menghentikannya, berarti himbauan yang berkembang tersebut tidak dapat menjadi dasar" ujarnya.

Kampanye MR sepenuhnya didukung Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Gubernur dan Bupati/Walikota,  Tim Penggerak PKK Pusat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan juga lembaga serta organisasi terkait lainnya.

Surat Dukungan Kampanye MR (silahkan klik link):

Kementerian Dalam Negeri RI     Kementerian Agama RI  
Gubernur Kepulauan Riau Kanwil Kemenag Provinsi Kepri       

Biaya yang bersumber dari APBN dan GAVI untuk pelaksanaan kampanye ini mencapai 893 miliar. Kemenkes bersama WHO melakukan pendampingan bagi Dinas Kesehatan untuk dapat mengidentifikasi daerah rentan dan menemukan cara-cara demi memastikan paling tidak 95% anak terimunisasi

Bahayakah Campak dan Rubella?

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Siapa sasaran imunisasi MR ?

Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2018 serentak di seluruh Provinsi Luar Jawa.

Agustus : Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Kalo ada yang sdh berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga yaa diberikan imunisasi MR.

September : Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Bagaimana kehalalan vaksinnya ?

  • Kampanye Imunisasi MR di Provinsi Kepulauan Riau tetap dilaksanakan, hal ini mengacu kepada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 4 Tahun 2016 dan Surat Rekomendasi MUI No. U-13/MUI/KF/VII/2017 Tanggal 31 Juli 2017.
  • Pelaksanaan kampanye MR adalah program pemerintah yang bertujuan mencegah dan menurunkan angka kecatatan dan kematian akibat penyakit yang dapat di cegah dengan imunisasi (PD3i), oleh karena itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendukung sepenuhnya dengan mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Kepulauan Riau No. 120/129.a/SET Tahun 2017.
  • Hal hal yang berkenaan dengan berita yang beredar di media sosial yg bersifat black campaign (kampanye Hoax) untuk tidak di sebarkan, untuk mendapatkan informsi resmi terkait pelaksanaan kampanye MR melalui web resmi: www.dinkes.kepriprov.go.id, www.bidp2p.dinkesprovkepri.org, FB: Surveilans Imunisasi Dinkes Kepri, IG: Surveilansimunisasidinkeskepri, dan dapat menghubungi penanggung jawab masing masing Kabupaten/Kota.
  • Produsen vaksin MR di dunia hanya tersedia di 2 negara yaitu India dan Cina. Bahan baku vaksin MR yang beredar di Indonesia berasal dari India, dimana telah memenuhi syarat Prequality WHO, Quality (sudah teregistrasi di BPOM) efikasi dengan safety sudah teruji.
  • Masyarakat diharapkan untuk dapat lebih peduli terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak yang sehat, dan tidak adanya sertifikat halal bukan berarti vaksin tersebut haram.

MUIMUI 2

Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak dan Rubella. Cegah penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi. Sayangi buah hati Anda dengan Imunisasi Campak-Rubella (MR). (NV/PE)

Video Promosi Kesehatan

Kampanye Imunisasi MR

  • IMG-20171025-WA0039.jpg
  • IMG-20171026-WA0026.jpg
  • sPANDUK_mr_kEPRI.jpg

Link Situs

PEMERINTAH PROVINSI

KEPULAUAN RIAU

DINAS KESEHATAN

KOTA TANJUNGPINANG

DINAS KESEHATAN

KABUPATEN LINGGA

PORTAL BIDANG P2P

DINKES PROV. KEPRI

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech