• Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

    Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

  • Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

  • Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

    Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

  • Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Aula Gedung Kanwil DJPB Prov. Kepri, 24 Januari 2024

  • Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Aula Wan Seri Beni. Selasa, 02 Januari 2023

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

  • Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

    Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

  • Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Bapelkes Batam, 11 - 17 September 2023

  • Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Tanjungpinang, 11 - 13 September 2023

  • Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri

    Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri saat berkunjung ke SMAN 1 Tanjungpinang.

  • Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan

    Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan.

    Bintan Pearl Beach Resort, Selasa, 25 Juli 2023.

  • Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Terminal Sei.Carang, Tanjungpinang

  • Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Tanjungpinang, 20-22 Juli 2023

  • Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau  Batam, 03-07 Juli Tahun 2023

    Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

    Batam, 03-07 Juli 2023

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

  • Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

    Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

  • Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

    Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

73 Dokter Internsip Siap Mengabdi di Kepulauan Riau

Pembekalan PIDI

Gambar : Penandatanganan dan serah terima 73 peserta PIDI Angkatan II Mei 2024, dari Kementerian Kesehatan RI pada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,  Direktur RS, dan  Kepala Puskesmas.

Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. PIDI juga sarana untuk penyetaraan berstandar pendidikan dokter Indonesia sesuai acuan World Federation Medical Association. PIDI merupakan bagian dari proses pendidikan, maka bukan honor atau upah yang dibayarkan kepada peserta tetapi bantuan biaya hidup bagi peserta. Jangan salah, sampai menyamakan PIDI (internsip) dengan coass. Dokter Internsip adalah dokter dengan ijin praktek. Dokter internsip ini bertugas di wahana RSUD Muhammad Sani Karimun, RSUD Natuna, RS Badan Pengusahaan Batam, RS Budi kemuliaan, dan RSUD Tanjungpinang. Waktu stase 7 Mei 2024 s.d 7 April 2025.  

Dr. Moh. Bisri, SKM., M.kes Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia khususnya Direktorat Pendayagunaan Tenaga Kesehatan, Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan dan Komite Internsip Kedokteran Indonesia (KIKI) Pusat, yang telah membantu dalam pemenuhan tenaga kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau. Untuk angkatan II tahun 2024 sebanyak 73 orang yang memilih pengabdian di Provinsi Kepulauan Riau.

“Saat ini kita menerima penugasan 73 dokter internsip dari Ditjend Nakes Kemenkes RI, sekaligus kita laksanakan Pembekalan pada peserta PIDI dan langsung kita serah terimakan pada Dinas Kabupaten/Kota, Rumah Sakit dan Puskesmas,” Kata Moh. Bisri.

Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), MH.Kes, M. Epid. dalam sambutannya mengatakan, “Internsip adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.”

Di beberapa negara Eropa program internsip berlangsung selama 2 sampai 3 tahun setelah lulus pendidikan dokter.  Di Indonesia PIDI dilaksanakan selama 12 Bulan, yaitu 6 bulan di Rumah Sakit dan 6 bulan di Puskesmas.


”Dokter internsip telah selesai sekolah dokter dan memiliki ijazah, mengucapkan sumpah dokter; memiliki sertifikasi kompetensi dan memiliki surat tanda registrasi (STR) untuk kewenangan internsip. Tujuan PIDI untuk mengasah kemahiran dan kemandirian dalam melaksanakan praktik kedokteran. Peserta PIDI sudah boleh memegang pasien di bawah bimbingan dokter pendamping”, kata dr. Agus Pengurus KIKI Pusat ini.

Dalam acara Pembekalan Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) (7-9/5) di Harris Hotel Batam Kepulauan Riau, diawali dengan Pembacaan dan Penandatanganan serah terima 73 peserta PIDI Angkatan II Mei 2024, dari Kementerian Kesehatan RI pada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,  Direktur RS, dan  Kepala Puskesmas.

73 dokter insternsip yang mengikuti PIDI  angkatan II tahun 2024 ini berasal dari berbagai lulusan Fakultas Kedokteran Universitas terbaik di indonesia. Diantaranya Fakultas Kedokteran Universitas Batam, Universitas Riau, Universitas Abdurab Riau, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Makasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Tarumanagara,  Universitas Mulawarman, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Jambi, Universitas Baiturrahmah, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Prima Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Yarsi,  , Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Malahayati, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Hang Tuah, dan Universitas Methodist Indonesia.

Acara Pembekalan menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI Pokja PIDI Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), MH.Kes, M. Epid., dari Provinsi Kepulauan Riau Dr. Moh. Bisri, SKM., M.kes, IDI Kepri, KIKI Kepri, BPJS Ketenagakerjaan dan BNI46. *** (JON - SDK)

Link Terkait

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech