• Peresmian Gedung Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau, 15 Juli 2024

    Peresmian Gedung Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau, 15 Juli 2024

    Sumber Foto : Diskominfo Provinsi Kepri

  • Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

    Launching Gerakan Sayang Ibu dan Anak (Gesa Buana) dan Posyandu Holistik Terintegrasi Layanan Primer di Posyandu Seliara Wilayah Kerja Puskesmas Batu 10, Kota Tanjungpinang.

  • Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

    Penyerahan Penghargaan Kepada UPTD Instalasi Farmasi Provinsi Kepulauan Riau

  • Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

    Lawan Obesitas, Dinkes Kepri Selenggarakan Pemeriksaan Fisik Pada Pegawai Pemprov Kepri

  • Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Penyerahan Penghargaan dari KPPN Tanjung Pinang Tahun 2024 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III

    Aula Gedung Kanwil DJPB Prov. Kepri, 24 Januari 2024

  • Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

    Aula Wan Seri Beni. Selasa, 02 Januari 2023

  • Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

  • Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

    Gubernur Kepri bersama Bupati Kabupaten Karimun Melakukan Audiensi Bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (9/10)

  • Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Tenaga Kesehatan dalam Percepatan Pencegahan Stunting Angkatan I dan Angkatan II Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Bapelkes Batam, 11 - 17 September 2023

  • Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau

    Tanjungpinang, 11 - 13 September 2023

  • Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri

    Gubernur Ansar Sosialisasikan Pentingnya Cegah Anemia Bagi Remaja Putri saat berkunjung ke SMAN 1 Tanjungpinang.

  • Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan

    Workshop Penguatan Peran, Tugas dan Fungsi Kader Posyandu di Kabupaten Bintan.

    Bintan Pearl Beach Resort, Selasa, 25 Juli 2023.

  • Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

    Terminal Sei.Carang, Tanjungpinang

  • Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Koordinasi dan Evaluasi Bidang P2P Dalam Rangka Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit Tingkat Provinsi Semester I Tahun 2023

    Tanjungpinang, 20-22 Juli 2023

  • Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau  Batam, 03-07 Juli Tahun 2023

    Workshop Manajemen Program Infeksi Laten Tuberkulosis (LTB) Dan Terapi Pencegahan Tuberkulosis Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

    Batam, 03-07 Juli 2023

  • Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

    Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posyandu Holistik dan Terintegrasi Dalam Penanganan Stunting

  • Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

    Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Gedung Rawat Inap Jiwa dan Perkantoran Rumah Sakit Khusus Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSKJKO) Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Uban, Bintan.

  • Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

    Penghargaan Kepada Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Dalam Penanganan COVID-19 di Wilayah Sumatera

Konsumsi Air Putih Saat Bulan Puasa. Banyak Manfaat!

air putih

TANJUNGPINANG – Sepanjang hari, tubuh kehilangan banyak cairan baik melalui urine ataupun keringat yang menguap ke permukaan kulit. Terlebih pada saat sedang menjalani puasa. Butuh strategi yang baik untuk mengatur asupan cairan saat berpuasa, mengingat dalam saktu sekitar 12 jam seseorang tidak diperbolehkan makan dan minum.

Sama seperti hari biasa, asupan cairan saat berpuasa dianjurkan tidak kurang dari 2 liter dalam sehari. Jumlah tersebut kurang lebih sama dengan 8 gelas air putih. Jika melakukan aktivitas yang banyak menguras keringat, maka kebutuhan cairan bisa lebih tinggi. Bagaimana asupan cairan yang tepat saat berpuasa? Dilansir dari laman indonesiabaik.id Asupan cairan yang tepat di bulan puasa yaitu:

1 gelas setelah bangun sahur

1 gelas selepas sahur

1 gelas saat berbuka puasa

1 gelas setelah sholat maghrib

1 gelas setelah makan malam

1 gelas setelah sholat isya

1 gelas setelah sholat tarawih

1 gelas sebelum tidur

Dikutip dari laman yankes.kemenkes.go.id. berikut manfaat konsumsi air putih, sebagai berikut:

1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat minum air putih yang cukup saat puasa dapat menyehatkan pencernaan. Apalagi selama bulan puasa keluhan sembelit dan sakit maag terkadang menyerang.

2. Mempertahankan Energi dalam Tubuh

Manfaat minum air putih yang cukup ketika puasa dapat menjaga tubuh tetap berenergi. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh merasa lemas, mudah lelah, dan tidak berenergi. Saat berbuka puasa minum air putih bisa membuat tubuh langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi

3. Hidrasi Tubuh

Air putih dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian. Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Memelihara Kesehata Kulit

Konsumsi air sebanyak 8 gelas per hari merupakan salah satu perawatan kulit yang sebaiknya dilakukan termasuk pada saat bulan puasa. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral selama berpuasa membawa banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

5. Bantu penurunan berat badan

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Efek ini membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

6. Kurangi racun dalam tubuh

Air hangat dapat berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh, sehingga bisa menyebabkan keringat. Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh bisa keluar melalui urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

Selain itu, konsumsi kopi dan teh sebaiknya juga dibatasi. Selain memiliki sifat asamnya yang bisa memicu perasaan tidak nyaman di perut bagi yang sensitif terhadap kafein, efek diuretik pada minuman tersebut juga menyebabkan seseorang jadi beser atau sering buang air kecil. Adakah minuman yang baik dikonsumsi selain air putih? Jawabannya ada, tapi ada baiknya kamu tetap minum air putih sesuai kebutuhan tubuh. Air putih memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga tubuh tetap berenergi, melancarkan pencernaan, baik untuk metabolisme tubuh, serta memelihara kesehatan dan kelembaban kulit.

Selain air putih, ada beberapa jenis minuman lain yang bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan dan kadar cairan tubuh, seperti air kelapa, teh manis, madu, dan jus buah. Minuman yang memiliki rasa manis memang disebut bisa membantu mengembalikan energi tubuh sehingga tidak lemas. (JM)

Referensi :

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan (2022) https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/161/konsumsi-air-putih-saat-puasa-banyak-manfaat-lho
  2. Indonesia Baik (2020) https://indonesiabaik.id/infografis/minum-8-gelas-air-perhari-saat-puasa
  3. Halo Doc (2023) https://www.halodoc.com/artikel/aturan-minum-air-putih-saat-puasa

Link Terkait

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech