Per 1 Maret 2024 Capaian UHC (Universal Coverage Health) Kepri Sebesar 96,83%

Cetak

UHC Maret

Gambar : Infografis Capaian UHC Provinsi Kepulauan Riau

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus mengupayakan cakupan Universal Health Coverage (UHC) dalam menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif. Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Capaian UHC Provinsi Kepulauan Riau per 1 Maret 2024 telah mencapai 2,082,148 Jiwa (96,83%). Capaian tersebut merupakan persentase dari jumlah penduduk sebanyak 2,150,329 jiwa. Bila dibandingkan dengan tahun 2022. Cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) meningkat sebesar 4 %. Dimana Cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2022 mencapai 1.947.965 jiwa (92,71%) dari total penduduk Provinsi Kepulauan Riau yaitu 2.101.215 jiwa.

WHO telah menyepakati tercapainya Universal Health Coverage (UHC), merupakan isu penting bagi Negara maju dan berkembang saat ini sehingga penting suatu Negara mengembangkan sistem pembiayaan kesehatan dengan tujuan menjamin kesehatan bagi seluruh rakyat. Ketentuan ini penting untuk memastikan akses yang adil untuk semua warga negara, untuk tindakan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif pelayanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau.

Sejak tahun 2004, pemerintah Indonesia telah berupaya untuk membentuk suatu sistem jaminan kesehatan yang mencakup seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu usaha yang ditempuh adalah dengan menggalakan program JKN yang dikelola oleh BPJS. Pencapaian UHC melalui mekanisme asuransi sosial tersebut agar pembiayaan kesehatan dapat dikendalikan sehingga keterjaminan pembiayaan kesehatan menjadi pasti dan terus menerus tersedia yang pada akhirnya tercapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech