Tips Sehat Bagi Petugas KPPS

Cetak

Tips Sehat Bagi Petugas KPPS

Tips Sehat Petugas KPPS

Jelang berlangsungnya Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau kepada seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjaga kesehatannya selama berlangsungnya pemilu. Hal ini mengingat tumbangnya sejumlah anggota KPPS PADA Pemilu 2019 lalu. 

Melalui video pada akun Instagram @ayosehat.kemenkes, Kemenkes menegaskan hal ini tentu tidak boleh terjadi lagi. "Pesta demokrasi seharusnya menjadi ajang pemersatu yang menyenangkan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Dalam menjaga kesehatan petugas KPPS, Kemenkes memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan selama bertugas: Dirangkum dari video @ayosehat.kemenkes, berikut berbagai persiapan yang perlu dilakukan petugas KPPS untuk menjaga kesehatannya:

  1. Cukup tidur selama 6-8 jam per hariuntuk menjaga stamina selama bertugas.
  2. Cukup minum air putihminimal delapan gelas per hari
  3. Cukup konsumsi makanan bergizi seimbanguntuk memenuhi asupan gizi dan mineral di dalam tubuh ketika bertugas.
  4. Cukup berolahraga dengan beraktivitas fisikminimal 30 menit sehari. Dilakukan sebelum bertugas untuk memenuhi stamina dan kebugaran tubuh
  5. Hindari minuman berenergi, beralkohol, dan rokok.
  6. Batasi minuman tinggi kafein, berpemanis, dan bersoda

Kesehatan petugas KPPS menjadi fungsi terselenggaranya pemulu yang jujur dan adil," kata Kemenkes. Karena itu, lembaga tersebut mengimbau untuk jaga persatuan dan kesehatan demi mewujudkan pemilu damai.

Sementara itu, mengutip situs kesmas.kemkes.go.id,  ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan oleh para petugas penyelenggara PEMILU saat bertugas agar kesehatannya tetap terjaga, diantaranya :

Bagaimana dengan pemilih? Sebagai Pemilih, tentunya jugaharus menjadi pemilih sehat dan cermat diantaranya dengan :

14 Februari 2024 semakin dekat, Yuk kita ambil bagian dalam pesta demokrasi ini dengan datang ke TPS dan gunakan hak pilih anda sesuai dengan apa kata hati nurani. Sukseskan Pemilu Damai dan Tetap Jaga Kesehatan. (AD)

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech