Optimalisasi Peran Kader Posyandu Dalam Percepatan 5 Pilar STBM

Cetak

STBM

Gambar : Optimalisasi Peran Kader Posyandu Dalam Percepatan 5 Pilar STBM

Diperkirakan sekitar 7,74% masyarakat Indonesia masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Dari Data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia April 2023 Desa/Kelurahan yang 57,83% dari target sebesar 70%, Presentase KK Akses Sarana Sanitasi sebesar 92,26% dari target 100%. Dengan tempat berperilaku buang air besar ke sungai, kebon, sawah, kolam dan tempat-tempat terbuka lainnya. Perilaku seperti tersebut jelas sangat merugikan kondisi kesehatan masyarakat, karena tinja dikenal sebagai media tempat hidupnya bakteri E-coli yang berpotensi menyebabkan terjadinya penyakit diare.

 

Sebelumnya pada tahun 2007 pemerintah mengujicoba program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Program ini menitikberatkan pada upaya preventif dan promotif terpadu melalui upaya memicu dan mempertahankan keberlanjutan perubahan perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. STBM menekankan pada peran aktif masyarakat dalam penyediaan layanan (supply), dan penciptaan lingkungan yang kondusif (enable environment). Ujicoba ini menunjukkan bahwa keterlibatan aktif kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk berubah telah mempercepat capaian target pembangunan sanitasi hingga 10 kali lipat.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah pendekatan untuk merubah perilaku hygine dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Strategi STBM menekankan pada lima pilar perubahan perilaku sebagai berikut :

Rapat/Pertemuan “Optimalisasi Peran Kader Posyandu dalam Percepatan 5 Pilar STBM” diselenggarakan di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan pada Selasa 16 Mei 2023, pada pertemuan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Kabupaten Bintan dan dihadiri Dinkes Provinsi, Anggota Pokja 3 dan 4 TP PKK Provinsi Kepri. Rapat/Pertemuan pesertanya terdiri dari PKK Kabupaten Bintan, PKK Kecamatan, beberapa sanitarian dan beberapa kader terpilih. Hal-hal yang dibahas dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

Untuk percepatan 5 Pilar STBM ini juga ditekankan akan pentingnya peran PKK dan kader untuk meningkatkan capaian program. Adapun peran PKK dalam percepatan Akses Sanitasi dan STBM adalah :

Adapun Rencana Tindak lanjut dari kegiatan Optimalisasi Peran Kader Posyandu dalam Percepatan 5 Pilar STBM adalah sebagai berikut :

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech