Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau
Pertemuan Orientasi Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia PDF Print E-mail
Written by Kesmas.kiagizi   
Tuesday, 26 September 2017 04:14

 

Lansia (usia 60 tahun ke atas) dan pra lansia merupakan kelompok masyarakat dengan resiko tinggi dikarenakan lansia cenderung menderita penyakit yang bersifat multipatogolik atau degeneratif yang biasanya bersifat kronis bahkan terkadang menyebabkan kecacatan lama sebelum terjadinya kematian. Penyakit yang diderita oleh kelompok ini biasanya mengandung komponen psikologi dan sosial. Oleh sebab itu, prinsip pelayanan kesehatan bagi lansia harus bersifat holistik, vertikal, horizontal, serta mencakup aspek preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif. Holistik dalam artian seorang penderita lansia harus dipandang sebagai manusia seutuhnya yang meliputi lingkungan kejiwaan (psikologis), sosial, dan ekonomi.

Vertikal dalam artian bahwa pemberi pelayanan harus dimulai di masyarakat sampai ke pelayanan rujukan tertinggi yaitu rumah sakit yang mempunyai sub spesialis geriatri. Horizontal dalam artian bahwa pelayanan kesehatan harus merupakan bagian dari pelayanan kesejahteraan lansia secara menyeluruh, lintas sektoral dengan dinas / lembaga terkait di bidang kesejahteraan misalnya, agama, pendidikan, kebudayaan, dan dinas sosial.

Dalam Hal Ini Untuk Meningkatkan Pelayanan Lanjut Usia  di Provinsi Kepulauan Riau Agar Mendapatkan Pelayanan Yang Berkualitas Terutama Unit Layanan Puskesmas Maupun Di Rumah Sakit Agar Setiap Para Lanjut Usia Yang Datang Berobat Untuk di Dahulukan Atau di Proritaskan Sehingga Lanjut Usia Tidak Menunggu Lama Dalam Berobat, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau Melalui Seksi Kesehatan Keluarga Dan Gizi Masyarakat Melalui Dana APBN Tahun 2017 Melaksanakan Kegiatan pertemuan Orientasi Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 08 – 11 Mei 2017 di Hotel Aston Tanjungpinang. berjumlah 40 orang peserta yang terdiri dari :

- Pengelola program lansia Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan 7 Kabupaten/Kota, dan puskesmas;

- Pengelola program kesehatan ibu dan anak (KIA) Dinas Kesehatan Provinsi;

- Pengelola program penyakit tidak menular (PTM) Dinas Kesehatan Provinsi;

- Pengelola program lansia di Puskesmas terpilih;

- Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau

- RSUD Provinsi Kepulauan Riau.

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan lansia secara prima sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut di atas dan nantinya dapat menjadi puskesmas santun lansia. Secara garis besar, tujuan pelayanan santun lansia di puskesmas antara lain untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia serta mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Last Updated on Tuesday, 26 September 2017 07:52
 
Orientasi KIE Kespro Catin Bagi Puskesmas dan Penyuluh Pernikahan PDF Print E-mail
Written by Kesmas.kiagizi   
Tuesday, 26 September 2017 04:03

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat menjadi tempat tumbuh kembangnya regenerasi masyarakat. Para calon pengantin yang akan membina keluarga menjadi penting untuk mengetahui kesehatan reproduksi.

Beberapa persoalan kesehatan reproduksi yang masih dihadapi di Indonesia adalah tingginya angka kematian ibu, bayi, dan balita, masalah kehamilan dan persalinan, penyakit menular seksual dan penyakit degeneratif.

 

Menurut data Kementerian Agama Prov. Kepri, setiap tahun diperkirakan ada sekitar 2.135.000 pasangan pengantin yang dinikahkan oleh penghulu di KUA dan hingga saat ini lebih dari 20.000 penghulu dan penyuluh yang berada di bawah Departemen Agama yang tersebar di seluruh Indonesia.

Apabila para penghulu dan penyuluh tersebut mampu diberdayakan dalam rangka menyadarkan masyarakat akan kesehatan reproduksi, maka akan memberikan kontribusi peningkatan kesehatan masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia.

Dengan Demikian Seksi Kesehatan Keluarga & Gizi Masyarakat Melakukan Kegiatan Tersebut pada tanggal 20 – 23 Maret 2017 di Hotel Horison Ultima King’s Batam, peserta terdiri dari penanggungjawab dan pengelola program KIA kabupaten /  kota, kepala puskesmas, dan KUA (BP4K). Agar Pasangan Catin Dapat Mengenal tentang Pentingnya Kesehatan Reproduksi Bagi Pasangan Yang Akan Melakukan Pernikahan, Sehingga Pasangan Tersebut Terhindar Dari Resiko kematian ibu, bayi, dan balita, masalah kehamilan dan persalinan, penyakit menular seksual dan penyakit degeneratif.

Untuk mempermudah penyampaian program, Kementerian Kesehatan telah menyusun buku saku dan lembar balik kespro catin yang diharapkan bisa menjadi alat bantu dalam penyampaian KIE kesehatan reproduksi bagi para calon pengantin. KIE ini diharapkan dapat dilaksanakan baik oleh puskesmas sebagai unit primer pelayanan kesehatan di masyarakat dan penyuluh pernikahan yang merupakan orang pertama yang berinteraksi dengan calon pengantin.

Last Updated on Tuesday, 26 September 2017 08:16
 
Pengenalan Sekolah Sehat Melalui TIM Pembina UKS PDF Print E-mail
Written by Kesmas.kiagizi   
Tuesday, 26 September 2017 03:58

Salah satu modal pembangunan nasional adalah sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti sehat secara fisik, mental dan sosial serta produktif. Untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas tersebut tentunya dibutuhkan upaya-upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara terus menerus.

Last Updated on Tuesday, 26 September 2017 04:01
Read more...
 
Penilaian Pemanfaatan TOGA dan Akupresur Desa Selat Mendaun, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun PDF Print E-mail
Written by Yankes.kestrad   
Thursday, 31 August 2017 09:31

Arah kebijakan kesehatan yang memperkuat upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit serta pemberdayaan masyarakat dapat dipenuhi salah satunya oleh pelayanan kesehatan tradisional yang berorientasi pada upaya menyehatkan yang sakit dan mempertahankan yang sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Terkait dengan tugas dan fungsi Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang salah satu kegiatannya adalah upaya kesehatan masyarakat, yaitu menyelenggarakan pelayanan  kesehatan tradisional melalui asuhan mandiri yang dilaksanakan dalam bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyaraka Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional pada pasal 70  tentang pemberdayaan masyarakat, pada ayat (2) menyatakan bahwa masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri  dengan memanfaatkan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Keterampilan secara benar.

Last Updated on Tuesday, 26 September 2017 03:48
Read more...
 
Tatalaksana Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupresur dengan Pendekatan Keluarga PDF Print E-mail
Written by Yankes.kestrad   
Thursday, 31 August 2017 05:20

Peningkatan kesadaran, motivasi dan kemampuan secara berkelanjutan untuk hidup sehat akan mempercepat pencapaian status kesehatan yang optimal. Oleh karena itu, prinsip pelayanan kesehatan primer di dalam pemberdayaan masyarakat oleh penyedia layanan kesehatan dan kader, harus secara kolektif meningkatkan kapasitas masyarakat untuk kesehatan melalui partisipasi aktif masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah penerapan dan pemanfaatan tanaman obat dan akupresur secara mandiri di kalangan masyarakat, masyarakatnya ditingkatkan kemampuannya dalam mencari solusi untuk masalah kesehatan secara mandiri sebagai upaya pertolongan pertama dalam keluarga atau mencegah penyakit dan memelihara kesehatan.

Last Updated on Saturday, 23 September 2017 02:48
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 35

Masuk



Download Profil Kesehatan

Klik gambar untuk mengunduh

Aplikasi

(Mohon Maaf Layanan SIDK dalam
proses maintenance dan update Data)

PageRank Checking Icon

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini5274
mod_vvisit_counterKemarin8556
mod_vvisit_counterMinggu Ini18726
mod_vvisit_counterMinggu Lalu40294
mod_vvisit_counterBulan Ini158672
mod_vvisit_counterBulan Lalu145761
mod_vvisit_counterSeluruhnya2486235

We have: 279 guests online
Your IP: 54.225.54.120
 , 
Today: Sep 26, 2017

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini?
 

Link Instansi


Figur

Tjetjep Yudiana, SKM, M.Kes

Lihat Selengkapnya