Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
DUKUNGAN DATA KESEHATAN YANG BERMUTU MELALUI SISTEM INFORMASI KESEHATAN PDF Print E-mail
Wednesday, 21 August 2013 11:46

Sebagaimana diketahui bersama bahwa kebutuhan akan data yang berkualitas semakin meningkat. Setiap tahun kita diwajibkan menyampaikan laporan kinerja yang telah dicapai oleh pemerintah daerah melalui berbagai bentuk seperti LAKIP, LKPJ, LPPD dan lain-lain. Permintaan laporan tersebut  sejalan dengan kegiatan rutin yang selama ini kita susun melalui Profil Kesehatan atau Laporan pencapaian Standar Pelayanan Minimal. Oleh karena itu sangat dibutuhkan ketepatan dan konsistensi data dan informasi yang kita sampaikan.

Selain itu, semakin kompleksnya permasalahan pembangunan kesehatan mengharuskan untuk merancang program dan kegiatan yang berbasis data dan informasi yang berkualitas. Sistem Informasi Kesehatan diharapkan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan untuk pelaksanaan pelayanan kesehatan sehari-hari, intervensi cepat dalam penanggulangan masalah kesehatan, dan untuk mendukung manajemen kesehatan di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat terutama dalam penyusunan rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang

Prinsip kualitas data berhubungan dengan kelengkapan, keakuratan, konsistensi dan ketepatan waktu. Data yang berkualitas harus dapat diandalkan dan bermanfaat. Agar data dapat diandalkan harus tepat waktu dan relevan. Untuk mencapai hal tersebut maka dibutuhkan infrastruktur atau perangkat yang baik, sumberdaya manusia yang handal dan anggaran yang cukup.

Pada bulan Juni yang lalu telah dilaksanakan Video Conference yang diikuti oleh seluruh kepala dinas kesehatan regional sumatera bersama Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Acara tersebut menggunakan fasilitas SIK yang ada di Dinas Kesehatan Kota Batam. Acara yang membahas tentang Penguatan Pengelola SIK menghasilkan beberapa kesepakatan yang menurut kami perlu diketahui dan diperhatikan oleh peserta pelatihan.

Kesepakatan tersebut antara lain seluruh Kepala Dinas menyatakan komitmen untuk mendukung pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) serta mengupayakan dukungan dana di daerah masing-masing; Mengoptimalkan pemberdayaan pengelola data tanpa menghambat hak-haknya untuk pengembangan karier; memantau dan mengoptimalkan keterisian dan kualitas data untuk profil kesehatan, data dasar puskesmas, SPM bidang kesehatan dan Aplikasi Komunikasi Data; serta, mengoptimalkan peralatan jaringan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau telah mengembangkan Sistem Informasi Kesehatan Daerah. Sistem ini telah dicoba untuk dikembangkan di 5 puskesmas di Batam (Botania dan Sambau) dan  di Bintan (Toapaya, Kijang dan Kawal). Rencananya pada tahun ini akan dikembangkan di Kota Tanjungpinang yang terdiri dari 6 Puskesmas, 2 Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan. Diharapkan pada tahun 2014 nanti, SIKDA Provinsi Kepulauan Riau sudah dapat dipergunakan di seluruh Kabupaten/Kota.

Selain itu, Rencana Strategis Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2010 – 2015 kita juga melaksanakan Program Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan dengan indikator antara lain Ketersediaan data terpilah, ketersediaan Bank Data serta pengembangan Website di Provinsi dan seluruh Kabupaten/Kota. Diharapkan, melalui pelatihan SIKNAS Online tahun ini maka target Renstra yang telah direncanakan tersebut dapat terealisasi.