Skip to content

Increase font size Decrease font size Default font size
:: Selamat Datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ::
KESEHATAN ADALAH PRIORITAS PEMBANGUNAN PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU PDF Print E-mail
Tuesday, 14 May 2013 17:07

Dalam sambutan pada Pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah 2013, Bapak Wakil Gubernur Kepulauan Riau DR. H. M Suryo Respationo, SH menyampaikan bahwa Provinsi  Kepulauan Riau dari sejak awal berdirinya telah senantiasa memberikan perhatian dan berfokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan.  Provinsi Kepulauan Riau meletakkan pembangunan kesehatan sebagai bagian dari upaya pengentasan kemiskinan, dengan fokus pada pemenuhan hak hak atas layanan kesehatan yang berkualitas melalui penyediaan jaminan kesehatan daerah, pemberian makanan tambahan (PMT) pada balita atau anak sekolah; perawatan kasus gizi buruk; penyediaan dan perbaikan sarana kesehatan dasar terdepan berupa Puskesmas Pembantu, Poskesdes maupun Posyandu yang memadai serta rehabilitasi rumah tidak layak huni yang memperhatikan aspek penyediaan jamban sehat secara berkelanjutan serta penyediaan air bersih dan sanitasi dasar melalui sharing pembiayaan antara Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan pola 1 dibanding 2. Pemerintah Provinsi mengalokasikan dua kali lipat yang dianggarkan pemerintah Kabupaten/Kota.

Provinsi Kepulauan Riau juga memiliki perhatian yang tinggi terhadap upaya percepatan pencapaian MDGs dan melakukan sejumlah terobosan, antara lain dengan menempatkan 115 Dokter Keluarga di 115 desa terpencil dan 60 Bidan Desa di 60 desa terpencil, sehingga tidak ada desa yang tidak terisi tenaga dokter dan bidan. program ini diharapkan mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat terpencil, terdepan dan perbatasan sehingga selain menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) juga dapat meningkatkan Usia Harapan Hidup, meningkatkan penanganan masalah kesehatan serta pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Untuk mendorong tercapainya akses sanitasi dasar yang lebih tinggi, Gubernur bersama para Bupati dan Walikota telah bersepakat untuk menggalakkan program sanitasi berbasis masyarakat dimana pada saat ini telah 14 desa telah mencapai predikat bebas dari bab sembarangan dan 38 desa sedang dalam persiapan mencapai bebas dari bab sembarangan.

Dalam rangka percepatan pencapaian target MDGs, Provinsi Kepulauan Riau juga ikut melaksanakan program nasional yang dicanangkan Ibu Menteri Kesehatan seperti bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Jaminan Persalinan (Jampersal).

Meskipun demikian, Bapak Wakil Gubernur Kepulauan Riau mengakui masih ada sejumlah permasalahan khususnya dalam rangka pencapaian MDGs dan persiapan pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan yang dihadapi Provinsi Kepulauan Riau.

pertama, adanya beberapa indikator MDGs yang cukup berat untuk dicapai khususnya terkait upaya menekan prevalensi HIV/AIDS di bawah 0,5 persen; mendorong penduduk usia 15-24 tahun agar lebih dari 95 persen memiliki pengetahuan komprehensif tentang HIV/AIDS dan meningkatkan penggunaan kondom pada hubungan seks beresiko di atas 65 persen; serta meningkatkan akses penduduk terhadap air minum dan sanitasi dasar.

kedua , adanya perbedaan data capaian MDGs (AKI dan AKB) antara catatan yang berhasil dihimpun daerah dengan hasil Riskesdas/SKRT.misalnya pada kematian ibu, Kepri hanya mencatat 58 orang selama tahun 2012 atau 113 per 100 ribu kelahiran hidup; dan akb 14 per 1000 kelahiran hidup. data AKB tersebut sangat berbeda dengan hasil SKRT yang mencapai 35 per 1000 kelahiran hidup. tentunya perbedaan ini terjadi karena perbedaan metode pengambilan data antar keduanya.

ketiga, persiapan menyongsong pelaksanaan sjsn bidang kesehatan belum sepenuhnya optimal, khususnya menyangkut Jamsostek. awal 2013 ini Jamsostek mengubah pola pembiayaan kesehatan di rumah sakit dari fee for services menjadi sistem paket. ternyata hal ini belum sepenuhnya dipahami dan diantisipasi oleh para rumah sakit mitra, sehingga menimbulkan sedikit kendala di lapangan dan berakibat tidak maksimalnya pelayanan kepada para peserta.

keempat, sarana prasana pelayanan kesehatan kelas III belum sepenuhnya memadai, antara lain tempat tidur rumah sakit yang telah tua dan sebagainya sehingga menghambat pelayanan masyarakat yang memuaskan. kita berkeinginan bukan hanya akses yang diperluas tetapi kepuasan masyarakat juga meningkat.

permasalahan-permasalahan yang saya kemukakan tadi, sudah barang tentu harus menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dicarikan solusi pemecahannya, sehingga berbagai upaya yang kita lakukan dapat dirasakan manfaatnya baik oleh kita sebagai provider pembangunan maupun masyarakat yang selama ini mendambakan kualitas pelayanan kesehatan terbaik.

Mengekhiri sambutannya Bapak Wakil Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Ibu Menteri Kesehatan dan jajarannya yang telah memberikan perhatian dalam rangka pengembangan program pembangunan di bidang kesehatan termasuk bantuan berupa alat kesehatan bagi rumah sakit-rumah sakit yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Last Updated on Friday, 06 September 2013 17:49
 

Admin Support

<<  December 2014  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
  1  2  3  4  5  6  7
  8  91011121314
15161718192021
22232425262728
293031    

Berita Terkait

Download Profil Kesehatan

Klik gambar untuk mendownload

Aplikasi

(Mohon Maaf Layanan SIDK dalam
proses maintenance dan update Data)

PageRank Checking Icon

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini45
mod_vvisit_counterKemarin504
mod_vvisit_counterMinggu Ini2418
mod_vvisit_counterMinggu Lalu3966
mod_vvisit_counterBulan Ini12900
mod_vvisit_counterBulan Lalu12424
mod_vvisit_counterSeluruhnya94722

We have: 5 guests online
Your IP: 54.197.65.82
 , 
Today: Dec 27, 2014

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau ini?
 

Link Instansi


Figur

Tjetjep Yudiana, SKM, M.Kes

Lihat Selengkapnya